Contoh Soal dan Pembahasan Senyawa Hidrokarbon

  1. Tentukan rumus molekul berikut termasuk alkana, alkena atau alkuna.
    a. C5H12
    b. C3H6
    c. C7H12
    d. C11H22
    e. C8H16
    f. C4H6
    g. C7H16
    h. C2H2
    Pembahasan

  2. Namailah senyawa-senyawa hidrokarbon berikut.

    Pembahasan


  3. Gambarkan rumus struktur untuk senyawa hidrokarbon berikut.
    a. 3 – etil – 3 – metilpentana
    b. 4,7 – dietil – 2,2 – dimetilnonana
    c. 3 – nonena
    d. 5 – etil – 3,6 – dimetil – 2 – heptena
    e. 1 – heptuna
    f. 3,3 – dimetil – 1 – pentuna
    Pembahasan


  4. Tuliskan rumus struktur untuk masing-masing sembilan isomer struktur dari heptena!
    Pembahasan


  5. Tentukan hasil reaksi hidrokarbon berikut.
    a. CH3CH3 + Br2
    b. CH2Cl2 + Br2
    c. CH3 – CH = CH – CH3 + Cl2
    d. (CH3)2 – CH – CH = CH – CH3 + HBr →
    Pembahasan




    Note :
    Bila ada kesalahan dalam penulisan blog ini silahkan untuk meninggalkan komentar

11 komentar:

  1. Wah materinya sangat bermanfaat kak :)) Setelah saya baca blog ini, saya jadi lebih paham dan nilai saya jadi bagus

    BalasHapus
  2. Saya jadi suka belajar dan ujian karena blog ini....

    BalasHapus
  3. Wa blog ini sangat bagus, sekarang saya lebih rajin belajar lagi

    BalasHapus
  4. Wa blog ini sangat bagus, sekarang saya lebih rajin belajar lagi

    BalasHapus
  5. Bagus sekali lebih mudah di pahami, terimakasih

    BalasHapus
  6. Wahh... G bisa di screenshot pdhl mau saya tanya guru kimia saya :v

    BalasHapus
  7. Terimakasih untuk ilmunya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. NO 2 B,H nya kurang 1 ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih koreksinya, akan dibetulkan secepatnya 🙏🏻

      Hapus
  9. Pembahasan soalnya ada yang salah

    BalasHapus
  10. Nomor 2 bagian f, pembahasannya bisa jadi 3,6-dimetil-4-nonuna, gak sih?

    BalasHapus